Kamis, 03 Mei 2012

Kamis, Mei 03, 2012
Manifesto Partai Komunis -  Keterangan Engels

a. Dengan burjuasi dimaksudkan klas kaum Kapitalis modern, pemilik-pemilik alat-alat produksi sosial dan pemakai-pemakai kerja upahan. Dengan proletariat dimaksudkan klas kaum pekerja-upahan modern yang, karena tidak mempunyai alat-alat produksi sendiri, terpaksa menjual tenaga kerja mereka untuk dapat hidup (Keterangan Engels pada edisi Inggris tahun 1888).
b. Yaitu, semua sejarah yang tertulis. Dalam tahun 1847, masyarakat prasejarah, organisasi masyarakat yang ada sebelum sejarah yang tertulis, hampir seluruhnya tidak diketahui. Sejak itu, Haxthausen mendapatkan hak milik bersama atas tanah di Rusia, Maurer membuktikannya sebagai dasar timbulnya masyarakat bangsa-bangsa Jerman dalam sejarah, dan kemudian persekutuan-hidup desa ternyata merupakan atau telah merupakan bentuk primitif dari masyarakat dimana-mana mulai dari India sampai ke Irlandia. Susunan inti dari masyarakat yang bersifat Komunis primitif ini menajadi terang, dalam bentuknya yang khas, dengan pendapatan Morgan yang gemilang mengenai sifat yang sebenarnya dari gens dan hubungannya dengan suku. Dengan bubarnya persekutuan-persekutuan-hidup yang primitif ini maka mulailah masyarakat terpecah menjadi klas-klas yang terpisah-pisah dan akhirnya bermusuhan. Sata telah mencoba mengusut kembali proses pembubaran ini dalam buku: “Der Ursprung der Familie, des Privateigenthums und des Staats”, edisi kedua, Stuttgart 1886. (Keterangan Engels pada edisi Inggris tahun 1888). [15]
c. Tukang-ahli, yaitu seorang anggota penuh dari suata gilde, seorang ahli di dalam gilde, tetapi bukan kepala gilde.(Keterangan Engels pada edisi Inggris tahun 1888).
d. “Kommune” adalah nama yang, di Perancis, dipakai oleh kota-kota yang baru tumbuh bahkan sebelum mereka berhasil merebut dari pembesar-pembesar dan majikan-majikan feodal mereka pemerintahan-sendiri setempat dan hak-hak politik seperti “Pangkat Ketiga”. Secara umum, untuk perkembangan ekonomi dari burjuasi, di sini Inggris diambil sebagai negeri contoh yang khas; untuk perkembangan politiknya, Perancis. (Keterangan Engels pada edisi Jerman tahun 1890)Ini adalah nama yang diberikan kepada persekutuan-persekutuan-hidup kota mereka oleh penduduk kota di Italia dan Perancis, sesudah mereka dapat membeli atau merenggut hak-hak pertama mereka tentang pemerintahan sendiri dari tuan-tuan feodal mereka. (Keterangan Engels pada edisi Jerman tahun 1890)
e. Taufan revolusi tahun 1848 menyapu bersih seluruh aliran yang picik ini dan menyembuhkan para penganjurnya dari keinginan untuk lebih jauh mempermain-mainkan Sosialisme. Wakil yang terutama dan contoh yang klasik dari aliran ini ialah Herr Karl Gruen. (Keterangan Engels pada edisi Jerman tahun 1890)
f. Phalanstere adalah daerah kolonisasi Sosialis menurut rencana Charles Fourier; Icaria adalah nama yang diberikan oleh Cabet kepada pulau lamunan Utopianya, dan belakangan kepada daerah kolonisasi Komunisnya di Amerika. (Keterangan Engels pada edisi Inggris tahun 1888).
g. “Home Colonies” adalah nama yang dipakai oleh Owen untuk menyebut model masyarakat Komunisnya. Phalanstere adalah nama istana-istana untuk umum yang direncanakan oleh Fourier. Icaria adalah nama yang diberikan kepada negeri khayal utopis yang badan-badan serta lembaga-lembaganya, secara Komunis, digambarkan oleh Cabet. (Keterangan Engels pada edisi Jerman tahun 1890).
h. Partai yang pada waktu itu diwakili di dalam Parlemen oleh Ledru-Rollin, dalam literatur oleh Louis Blanc, dalam pers harian oleh Reforme. Nama Sosial-Demokrasi menunjukkan segolongan dari partai Demokrat atau Partai Republik dengan pendiri-pendirinya, yang banyak atau sedikitnya berbau Sosialisme. (Keterangan Engels pada edisi Inggris tahun 1888).
i. Partai di Perancis yang pada waktu itu menamakan dirinya Sosialis-Demokrat diwakili dalam kehidupan politik oleh Louis Blanc. Dengan demikan ia sangat berbeda dengan Sosial-Demokrat Jerman yang sekarang. (Keterangan Engels pada edisi Jerman tahun 1890).

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar anda