Senin, 07 September 2015

Senin, September 07, 2015

Limbah Cair Kimia Berbahaya



PERNYATAAN SIKAP SERIKAT PETANI KARAWANG
No. 004/ps-sepetak/dept.pro/IX/2015
Tentang :
 PEMBUNUHAN MASSAL OLEH PT. PINDO DELLI PULP & PAPER MILL III TERHADAP MASYARAKAT DAS CIBEET
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kapitalisme. Ya, sistem kapitalisme dalam operasionalnya (baca : relasi produksi) selalu melakukan kekejian dalam bentuk penghisapan atas tenaga dan keringat kaum buruh. Namun diluar konteks produksi, kapitalisme yang telah berlangsung ratusan tahun telah menyumbangkan kerusakan alam yang begitu dahsyat seperti apa yang ditunjukan oleh sepak terjang Monsanto salah satu TNC milik Amerika Serikat yang meracuni bumi dengan produk-produk kimiawi atau bahkan perang dunia. Hampir dapat dipastikan bahwa setiap perusahaan baik pertambangan maupun manufaktur disamping mengabaikan Hak dasar kemanusian kaum buruh dan tani juga mengabaikan hak atas kelestarian alam serta sustainabilitas lingkungan.

Ada fakta di pelupuk mata. Pindo Delli Pulp & Paper adalah salah satu perusahaan polutif yang berkedudukan di kabupaten Karawang. Salah satu perusahaan swasta terbesar di Karawang ini dulu pernah meracuni Citarum dengan limbah cair kimianya, kini di tempat berbeda yang sangat mencolok mata, Pindo Delli Pulp & Paper kembali melakukan dosa serupa dengan meracuni masyarakat lewat limbah cair kimia sisa produksinya. Atas perbuatannya itu, pencemaran sungai Cibeet dapat mengancam ribuan nyawa manusia di sepanjang Daerah Aliran Sungai Cibeet.
Atas dasar itu kami Serikat Petani Karawang (SEPETAK) mengutuk praktik pembunuhan massal secara sistematis yang dilakukan oleh PT. PINDO DELLI PULP & PAPER III terhadap masyarakat desa Wanakerta Kecamatan Telukjambe Barat dan masyarakat sekitar Derah Aliran Sungai Cibeet.

Lawan Pembunuhan...!
Lawan Kapitalisme...!
Rebut Kedaulatan Produksi...!
Karawang, 3 September 2015
Serikat Petani Karawang
HILAL TAMAMI
Ketua Umum

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar anda