Selasa, 10 Januari 2012

Selasa, Januari 10, 2012
KARAWANG, - Sedikitnya 17 rumah rusak berat dan puluhan lainnya rusak ringan akibat terjangan angin kencang dan gelombang laut di Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Hingga Selasa (10/1/2012) siang, gelombang laut masih menggempur dan mengancam rumah-rumah di tepian pantai kawasan itu.

Wanosuki, warga desa setempat mengabarkan, belasan rumah rusak berat di bagian belakangnya. Dapur telah ambruk dihantam angin kencang Senin kemarin dan terus tergerus gelombang laut yang cenderung naik dua hari terakhir dan memaksa sejumlah warga mengungsi ke rumah saudara mereka di Cemarajaya.

"Warga berharap pemerintah memikirkan penanganan jangka panjang. Pemberian bantuan berupa bahan makanan tak menyelesaikan masalah karena warga terancam abrasi. Angin kencang yang berembus menambah kesulitan warga," tambah Wanosuki.

Cemarajaya menjadi daerah terparah yang rusak akibat abrasi di pesisir utara Kabupaten Karawang. Dalam 20 tahun terakhir, puluhan hektar tambak dan wilayah pemukiman lenyap dan kini berubah jadi perairan. Sejumlah warga telah 2-3 kali pindah rumah, tetapi kini kembali terancam gelombang laut.

Sumber : Kompas.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar anda